4 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Masa Kuliahmu Lebih Berwarna

Mengikuti banyak kegiatan di kampus akan membuatmu memiliki banyak teman, wawasan baru dan pengalaman berorganisasi yang kelak akan dibutuhkan saat kamu memasuki dunia kerja. (Foto : Istimewa)
Mengikuti banyak kegiatan di kampus akan membuatmu memiliki banyak teman, wawasan baru dan pengalaman berorganisasi yang kelak akan dibutuhkan saat kamu memasuki dunia kerja. (Foto : Istimewa)

INFOMASE, Jakarta: Banyak hal menarik yang bisa kamu lakukan saat memasuki dunia perkuliahan. Terkadang, pengetahuan akademis saja tidak cukup. Kamu juga membutuhkan kemampuan non-akademis atau soft skill agar mengetahui bagaimana cara bersosialisasi dengan masyarakat kelak.

Ada beberapa kegiatan kampus yang bisa kamu ikuti sejak dini agar menambah wawasan dan pengalaman yang kamu miliki. Selain itu, terkadang ada waktu kosong atau jeda waktu antara mata kuliah. Sambil menunggu mata kuliah selanjutnya, tidak ada salahnya untuk bergabung pada kegiatan organisasi yang ada di kampus.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

UKM adalah sebuah tempat yang tepat untuk kamu yang memiliki minat dan bakat dalam bidang tertentu, seperti olahraga, fotografi, pecinta alam, dan sebagainya. Disini kamu bisa mengasah potensi dan talenta yang kamu miliki. Selain itu, kamu bisa menambah wawasan dan pengalaman.

Event Organizer

Banyak sekali event-event yang diadakan di kampus-kampus. Ini bisa menjadi peluang yang sangat tepat bagi kamu untuk semakin mengasah kemampuan dalam bidang management. Membuat sebuah event yang bagus dan sukses adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan.

Hal ini bisa menambah nilai plus untuk mengasah kemampuan yang kamu miliki. Selain itu, banyak sekali pengumuman yang akan kamu temukan di kampus yang mengajak kamu untuk mensukseskan kegiatan atau event yang ada didalamnya.

Kegiatan Kerohanian

Saat masuk di dunia perkuliahan banyak sekali kegiatan kerohanian yang bisa kamu ikuti. Tentu saja ini sangat berguna untuk memperdalam ilmu agama yang kita miliki. Selain itu, kegiatan keagamaan ini juga biasanya diikuti oleh banyak mahasiswa dari berbagai jurusan. Jadi kamu bisa bersosialiasi dan mendapatkan banyak teman baru dari berbagai jurusan.

Himpunan Mahasiswa atau Badan Eksekutif Mahasiswa

Masa Kuliah akan kurang lengkap jika kamu belum mengikuti aktivitas Himpunan Mahasiswa (HM) atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Di wadah inilah kamu akan mendapatkan pengalaman dalam hal organisasi. Dalam dunia kerja, pengetahuan dan pengalaman ini sangatlah penting agar kamu bisa memiliki jenjang karir yang bagus dan sukses menghadapi segala tantangan yang ada. (Nia)