Arkeolog Mesir Temukan Ratusan Mumi di Saqqara

Ratusan Mumi Ditemukan di Saqqara, Mesir. INFOMASE FOTO; Ist/ ANADOLU AGENCY
Ratusan Mumi Ditemukan di Saqqara, Mesir. INFOMASE FOTO; Ist/ ANADOLU AGENCY

 

INFOMASE, Mesir: Arkeolog di Mesir berhasil mengungkap keberadaan artefak di pekuburan kuno Saqqara yang berlokasi di dekat Kairo Mesir.

Kementerian barang antik Mesir menyebut artefak-artefak itu berasal dari sekitar 2500 tahun yang lalu, selama Periode Akhir Mesir. Artefak-artefak yang berhasil ditemukan tersebut diantaranya adalah 250 mumi lengkap yang masih berada dalam sarkofagus kayu bercat.

Namun tak hanya itu saja, ahli menemukan pula lebih dari 100 patung perunggu dewa-dewa Mesir kuno. Patung dewa Mesir Kuno itu termasuk di dalamnya adalah Anubis Dewa Kematian yang sering digambarkan dengan kepala serigala, Osiris Raja Kematian, Amon-Min Dewa Kesuburan yang biasanya digambarkan dengan lingga tegak, dan juga Hathor dewi yang sangat populer dan dianggap sebagai pelindung wanita.

Selain itu, terdapat pula dua patung kayu dicat yang menggambarkan Dewi Isis dan Nephthys, bersamaan ditemukannya ratusan mumi di situs pemakaman kuno Mesir. Kedua dewi digambarkan sebagai pelindung peti mati dan masing-masing dari patung memiliki wajah yang terbuat dari lapisan daun emas.

“Mereka digambarkan dalam posisi duduk di dekat satu peti mati, sementara salah satunya di dekat kepala peti mati,” tutur Direktur Penggalian Proyek Eskavasi Mohammed Al Saidi.

Arkeolog juga menemukan gulungan papirus di peti mati yang sama. Meski belum dibuka tetapi para arkeolog berpikir papirus itu memiliki panjang 10 meter.

Papirus yang ditemukan di antara ratusan mumi Mesir Kuno ini kemungkinan berisi bab-bab dari Buku Orang Mati di Mesir, sebuah teks ritual yang dimaksudkan untuk memandu perjalanan orang mati melalui kehidupan setelah kematian.

Teks ini telah dipindahkan ke laboratorium Museum Mesi di pusat Kairo untuk studi dan restorasi penuh. Peninggalan bersejarah tersebut dtemukan di kompleks kuil di luar Kairo yang pernah dijuluki Bubasteion, mengacu pada dewi Mesir kuno Bast atau Bastet yang disembah dalam bentuk kucing.

“Temuan ini menegaskan bahwa kuil itu tak hanya untuk kucing tetapi juga untuk dewa Mesir lainnya,” ujar Saidi. Saqqara memang merupakan pekuburan luas Mesir kuno. Pemakaman kuno Mesir tersebut berada di dekat tepi dataran tinggi gurun sekitar 25 km selatan Kairo. Tanah pemakaman kuno itu telah menjadi tempat penggalian ekstensif para arkeologi Mesir sejak 2018. Temuan kali ini merupakan temuan besar kelima artefak di lokasi tersebut dan juga merupakan kali pertama artefak dari Periode Akhir Mesir berhasil di temukan di Saqqara. (BH)

 

Sumber:  Kompas