Gerindra Pecat M Taufik, Lanjut Pindah ke NasDem

Mantan Anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra M Taufik. INFOMASE FOTO: Ist
Mantan Anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra M Taufik. INFOMASE FOTO: Ist

 

INFOMASE, Jakarta: Majelis Kehormatan Partai (MKP) Partai Gerindra resmi memecat anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra yakni M Taufik. Selanjutnya, M Taufik berencana bergabung dengan Partai NasDem.

Wakil Ketua Mahkamah Partai DPP Gerindra Wihadi Wiyanto mengatakan, Majelis Kehormatan Partai yang terdiri dari lima majelis sepakat untuk memutus Taufik, memecat sebagai kader Gerindra dan keputusan itu disampaikan pada hari ini, Selasa (7/6).

Dikatakan Wihadi, Taufik pernah disidang karena dinilai bermasalah pada 21 Februari 2021. Dalam sidang tersebut Taufik disebut menyatakan akan loyal kepada Gerindra dan membuat suatu kesepakatan dengan MKP Gerindra bahwa dia akan tetap menjadi kader partai berlambang kepala burung garuda itu. Tapi, belakangan Taufik dianggap melanggar kesepakatan tersebut.

“Melihat adanya ketidakloyalan daripada Saudara Taufik ini, dan juga menyalahi daripada apa yang sudah disampaikan 21 Februari, di mana dia mengatakan akan tetap dengan Partai Gerindra, tetapi pada kenyataannya dengan manuver-manuver dia, dia mengatakan akan mundur,” ujar Wihadi.

Kesamaan Ideologi

Desas-desus M Taufik bakal pindah partai sebetulnya sudah berhembus sejak beberapa bulan lalu. Namun baru pada Minggu, 5 Juni 2022, M Taufik terang-terangan menyatakan ingin keluar dari DPRD akhir bulan ini dan pindah partai.

“Ya keluar dari Gerindra. Kan kalau mau pindah partai harus keluar dulu, nggak bisa dua-dua,” kata Taufik.

Mantan Wakil Ketua DPRD DKI itu bahkan tidak malu-malu menyebut nama partai, yang bakal jadi pelabuhan terbarunya, yaitu NasDem. Bahkan, Taufik juga tak ragu menjelaskan alasannya pindah ke partai besutan Surya Paloh itu.

Pertama, Taufik menilai NasDem dan Gerindra memiliki kesamaan ideologi. Kedua, yang diyakini sebagai alasan inti, yakni karena dia melihat NasDem ingin mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

“Pertama bahwa NasDem nasionalis juga sama kayak Gerindra, ya kan? Jadi NasDem usung Anies dalam pandangan saya, mudah-mudahan betul,” kata Taufik. (BH)