Indahnya Memandang Gunung Salak Di Situ Cilangkap

Selain kegiatan memancing dan jogging. Di situ Cilangkap masyarakat sering disuguhi pemandangan indahnya gunung salak. Foto INFOMASE : Nia
Selain kegiatan memancing dan jogging. Di situ Cilangkap masyarakat sering disuguhi pemandangan indahnya gunung salak. Foto INFOMASE : Nia

INFOMASE, Depok: Situ Cilangkap merupakan situ/setu/danau buatan yang berlokasi di jalan Cilangkap, Tapos, Depok. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Jalan Raya Bogor dan dekat dengan perbatasan Cibinong, Kabupaten Bogor. Situ Cilangkap memiliki luas sekitar 6,43 hektar.

Warga sekitar biasa memanfaatkan danau ini untuk berwisata gratis seperti memancing, jogging, bersepeda atau  sekedar berwisata melihat pemandangannya. Disini bisa terlihat pemandangan Gunung Salak yang indah.

Situ Cilangkap memiliki 2 akses jalan yaitu jalan setu barat dan jalan setu timur. Pada sisi jalan setu barat kondisi jalan sudah tertata bagus. Di sepanjang situ sisi barat terdapat sisa lahan yang dijadikan taman yang ditata rapi dan indah. Sepanjang jalan juga terdapat warung- warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman.

Sedangkan jalan setu timur, kondisi jalan banyak yang sudah rusak. Dan cenderung belum tertata rapi pada bagian tepian danaunya. Disisi ini Anda akan disuguhi pemandangan yang lebih rindang karena banyak terdapat pohon-pohon besar yang berada dipinggir danau.

Pada pagi hari, biasanya banyak warga sekitar yang berjalan-jalan pagi atau lari pagi mengitari situ Cilangkap. Udara yang masih sejuk dan suasana yang adem membuat betah menghabiskan waktu berlama-lama di danau ini.

Dadeng, warga yang tinggal disekitar situ berharap kedepannya pemerintah Jawa Barat memfasilitasi situ ini sehingga dapat menjadi kawasan wisata yang lebih lengkap dan tertata rapi.

“Saya harap Pemerintah mau rapiin yang masih belum rapi dan yang terbengkalai. Alhamdulillah sih, sekarang udah ada lampu penerangan jalan di jalan setu timur. Jadi lebih terang kalau malam,” ujar Dadeng yang rumahnya berada di jalan setu timur. (Nia)