Ingin Memiliki Alfamart atau Indomaret? Siapin Kocek Segini yaaa…

Ilustrasi Alfamart. FOTO INFOMASE: Ist
Ilustrasi Alfamart. FOTO INFOMASE: Ist

INFOMASE, Jakarta: Alfamart dan Indomaret merupakan gerai minimarket terkenal di Indonesia. Ketiganya menawarkan kerja sama kemitraan atau waralaba kepada seluruh masyarakat.

Peluang bisnis di sektor minimarket dinilai menjanjikan. Lantas bila ingin bermitra berapa modal yang dibutuhkan? Untuk membuka Indomaret, calon mitra bisnis perlu mengajukan lokasi yang potensial. Tim Indomaret merekomendasikan lokasi yang sudah berdiri bangunan dan dilengkapi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Adapun biaya investasi yang perlu dikeluarkan kurang lebih sebesar Rp 494 juta. Rinciannya adalah Rp 36 juta untuk franchise fee selama 5 tahun, Rp 9,5 juta untuk promosi pembukaan toko, Rp 221,5 juta renovasi dan tambah daya listrik, dan Rp 227 juta untuk peralatan toko.

Sementara itu, biaya membuka Alfamart dibagi menjadi empat kategori tergantung jumlah rak. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut:

1. Tipe gerai 9 rak (30 m2): Rp 300 jt
2. Tipe gerai 18 rak (60 m2): Rp 350 jt
3. Tipe gerai 36 rak (80 m2): Rp 450 jt
4. Tipe gerai 45 rak (100 m2): Rp 500 jt

Modal tersebut sudah mencakup:
– Franchise Fee sebesar Rp 45 juta untuk 5 tahun
– Instalasi listrik
– Peralatan gerai dan air conditioner
– Cash register dan sistem informasi ritel
– Shop sign dan polesign
– Perijinan gerai
– Promosi dan persiapan pembukaan gerai

Perlu diingat bahwa nilai estimasi investasi tersebut di luar investasi properti dan dapat berubah sesuai kondisi pada saat proses pembukaan gerai.

Gimana? Tertarik? Siapin koceknya ya dan pastikan lokasi yang akan menjadi tempat Alfamart dan Indomaret nya juga potensial menjaring pembeli ya. Selamat berinvestasi! (BH)