Ini Kata Zidane Soal Kunci Sukses Real Madrid Selalu Juara Liga Champions

Legenda Sepakbola Dunia yang juga mantan pemain, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane. INFOMASE FOTO: Istimewa
Legenda Sepakbola Dunia yang juga mantan pemain, pelatih Real Madrid Zinedine Zidane. INFOMASE FOTO: Istimewa

 

INFOMASE, Madrid: Mantan pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane membocorkan rahasia sukses Real Madrid selalu sukses meraih throphy Liga Champions.

Zinedine Zidane pernah sukses besar saat melatih Real Madrid dengan membawa mereka juara Liga Champions tiga kali beruntun. Zidane mengungkap kunci suksesannya. Zidane pernah melatih Madrid selama dua periode. Pada periode pertamanya, 2016-2018, pelatih asal Prancis itu mengukir prestasi gemilang dengan mengantar Madrid hat-trick juara Liga Champions.

Pada 2015/2016, Madrid juara usai mengalahkan Atletico Madrid di final. Los Blancos kemudian menumbangkan Juventus dan Liverpool di final Liga Champions dua musim berikutnya.

Pria berkebangsaan Prancis ini menyebut kerja keras jadi kunci utama kesuksesannya tersebut. Namun, orang-orang yang mengelilinginya di klub juga jadi faktor yang tak kalah penting.

“Kami bekerja keras, kami punya pemain-pemain hebat, dan tim yang mengikuti saya,” ujar Zidane dikutip dari detiksport, Senin (20/6).

“Saya bertanggung jawab atas banyak hal, tapi saya punya tim hebat di belakang saya. Kalau sendiri tidak akan mungkin. Saya perlu mengelilingi diri saya dengan orang-orang yang membuat saya nyaman. Kalau tidak, ini tidak akan berhasil,” ujar pria yang berposisi sebagai playmaker ini semasa bermain untuk Juventus.

Tertarik Tukangi Timnas Prancis

Zidane yang saat ini masih menganggur setelah meninggalkan Real Madrid musim panas tahun lalu ini mengaku tertarik ingin bisa menggantikan pelatih Timnas Prancis Didier Deschamps untuk dapat menukangi Tim LesBlues. Deschamps sendiri sudah 10 tahun melatih Les Bleus dan kontraknya akan habis seusai Piala Dunia 2022.

Meski demikian, ia disebut tak menutup pintu untuk melatih PSG di masa depan. Hanya saja, kata Zidane, saat ini bukanlah waktu yang tepat.

Kualitas mantan pemain Juventus ini sebagai pelatih sendiri tak perlu diragukan. Selama melatih Madrid di dua periode berbeda, ia telah berhasil meraih 11 gelar, termasuk dua kali juara Liga Spanyol dan memenangi tiga Liga Champions secara beruntun pada 2016-2018. (BH)