Jawa Barat ‘Dianugerahi’ Pelabuhan Patimban, Begini Kata Pengamat

Pelabuhan Patimban.
Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. (Ist)
Pelabuhan Patimban.
Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat. (Ist)

INFOMASE, Jakarta: Alumni Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya Dodi Sugianto menilai pemerintah harus memaksimalkan potensi Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang.

Hal ini dikarenakan Pelabuhan Patimban dapat memperbesar ekspor serta mengurangi traffic existing di Pelabuhan Tanjung Priok. Apalagi 60 persen ekspor di Tanjung Priok berasal dari Jawa Barat.

“Pemerintah pusat, provinsi, hingga daerah harus berkolaborasi untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki Pelabuhan Patimban,” tutur Dodi Sugianto seperti dilansir INFOMASE dari MetroNesia, Kamis (18/08).

Pelabuhan Patimban menurutnya berada di lokasi strategis lantaran berada di antara Jakarta-Cirebon. Bukan itu saja, pelabuhan tersebut terkoneksi dengan jalan tol sehingga dapat mengangkat potensi pembangunan 10 kawasan industri prioritas di sepanjang Utara Jawa.

Baca Juga: Park Min Young Berbalut Busana Pengantin, Bukan Nikah Tapi Karena Ini

“Ini kan dapat menekan biaya transportasi dan waktu untuk kawasan industri yang ada di Jawa Barat,” ujar alumni Doktor Ilmu Hukum UNPAD tersebut.

“Sebab waktu tempuh kawasan industri di Jawa Barat ke Patimban itu hanya memakan waktu satu hingga dua jam. Dibandingkan ke Tanjung Priok yang bisa memakan waktu empat sampai lima jam,” imbuhnya.

Dodi mengatakan, potensi lain yang dimiliki Pelabuhan Patimban adalah dapat membuka lapangan kerja baru untuk wilayah Subang dan sekitarnya.

“Ada potensi terbukanya lapangan kerja baru untuk masyarakat sekitar pelabuhan. Saya harap pemerintah memaksimalkan keberadaan Patimban,” katanya.

Baca Juga: Simak Disini Cara Dapatkan Uang TE 2022 dan Ciri Keaslian Uang

Meski begitu, alumni pelayaran ini pun berpesan kepada pemerintah agar dari sisi pemasaran Pelabuhan Patimban ini tidak menganggu Pelabuhan Tanjung Priok.

Seperti diketahui bersama, Patimban dikelola oleh swasta dan Pelabuhan Tanjung Priok oleh BUMN.

“Untuk itu bagaimana dari segi pemasaran Patimban ke depan jangan sampai ekosistem yang ada. Tapi bagaimana caranya Patimban berdampak positif untuk kemajuan Subang dan Jawa Barat,” kata Dodi.

“Bahkan bisa saja lima atau sepuluh tahun ke depan Pelabuhan Patimban dapat menjadi ikon baru Jawa Barat setelah Gedung Sate,” tandasnya. (Putri)

Reaksi anda terhadap berita ini :
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0