Aktual – Tepercaya

Muhammad Idris Perkenalkan Batik Depok dan Budaya Betawi di APEKSI Padang 2022

Wali Kota Depok Muhammad Idris beserta istri Elly Farida hadiri APEKSI XV Padang, Sumatera Barat.
Wali Kota Depok Muhammad Idris beserta istri Elly Farida hadiri APEKSI XV Padang, Sumatera Barat.

INFOMASE, Depok: Perhelatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XV Tahun 2022 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menjadi momentum penguatan koordinasi dan sinergi demi kebangkitan ekonomi bagi seluruh anggotanya.

Kegiatan yang berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat, itu telah berlangsung selama 3 hari yaitu 7-10 Agustus 2022.

-->

“Rakernas APEKSI 202 kali ini menjadi momentum yang sangat baik dalam penguatan koordinasi dan sinergi demi kebangkitan ekonomi bagi seluruh anggotanya,” ucap Wali Kota Depok, Mohammad Idris kepada jurnalis, Senin (22/8/2022).

Menurut Idris, APEKSI memiliki peran strategis dalam melaksanakan berbagai upaya percepatan pembangunan. Di samping itu, fokus kegiatan, diantaranya pembangunan dan otonomi daerah memerlukan konsolidasi dan sinergi yang kuat.

“Pada konteks itu, berbagai upaya kerjasama, sinergi dan koordinasi harus terus dilakukan,” ucapnya.

Di samping itu, APEKSI kali ini, sambung Idris, ada beberapa rangkaian kegiatan yang berlangsung sangat beragam dan banyak unsur budaya, yang tak hanya sekadar hiburan semata.

“Ini sangat bagus dan inovatif,” ungkap Idris.

Pada kesempatan ini, hadir dengan besutan baju batik buatan asli Depok, Muhammad Idris beserta istri Elly Farida tak sungkan-sungkan memperkenalkan hasil karya UMKM Kota Depok itu.

“Kita ingin memperkenalkan batik Depok dan budaya Betawi nya. Setelah sosialisasi baru nanti kita pasarkan,” ujarnya.

Event akbar yang diikuti 98 Wali Kota se-Indonesia itu dibuka oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan di Hotel Truntum Padang, Senin (8/8/2022) pagi.

Pembukaan kegiatan ditandai dengan penabuhan gendang oleh Mendag Zulkifli Hasan bersama Gubernur Sumbar Mahyeldi serta Ketua Dewan Pengurus Apeksi Bima Arya dan Wali Kota Padang Hendri Septa.

Mendag Zulkifli Hasan mengapresiasi kekompakan asosiasi pemerintah kota dan berharap pemerintah kota mempunyai inovasi-inovasi untuk kemajuan kotanya masing-masing.

Ia berpesam akan pentingnya peran pemerintah kota saat ini untuk meningkatkan kinerja perdagangan di samping sektor penting lainnya. Mulai dari melakukan stabilisasi harga bahan pokok, kolaborasi pengawasan hingga optimalisasi transformasi digital dan peningkatan ekspor daerah.

“Kita harapkan melalui Rakernas APEKSI XV ini masing-masing pemerintah kota saling bersinergi dan berkolaborasi memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakatnya khususnya di sektor perdagangan,” ungkap Zulkifli. (LG)

Reaksi anda terhadap berita ini :
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0