Pimpinan Khilafatul Muslimin Diringkus Polda Metro Jaya di Lampung

Khilafatul Muslimin saat berkonvoi. INFOMASE FOTO: Islami.co
Khilafatul Muslimin saat berkonvoi. INFOMASE FOTO: Islami.co

 

INFOMASE, Jakarta:  Ditreskrimum Polda Metro Jaya meringkus pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja. Penangkapan Abdul Qadir Hasan Baraja dilakukan usai menyelidiki rekaman video rombongan pemotor konvoi dengan membawa atribut bendera khilafah di kawasan Cawang, Jakarta Timur

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan membenarkan adanya penangkapan Abdul Qadir Hasan Baraja.

“Betul Polda Metro Jaya menangkap pimpinan Khilafatul Muslimin atas nama Abdul Qadir Baraja,” ujar Zulpan dalam keterangan tertulis yang diterima Infomase.id, Selasa (7/6).

Zulpan menuturkan, Abdul Qadir Hasan Baraja ditangkap di daerah Lampung. Saat ini sedang dalam perjalanan ke Polda Metro Jaya.

“Tim dari Polda Metro berada di Lampung untuk membawa yang bersangkutan ke Jakarta,” kata Zulpan.

Membenarkan

Amir wilayah Khilafatul Muslimin Bekasi Raya Abu Salma mengakui pemimpinnya, Abdul Qadir Baraja, ditangkap polisi. Namun dia tak tahu kasus yang menjerat Baraja.

“Saya membenarkan dan dapat informasi adanya penangkapan itu. Cuma kata penangkapan itu negatif ya, karena yang dimaksud ini kan, kita enggak tahu apakah kasus itu [konvoi khilafah] atau kasus yang lain. Secara informasi saya belum tahu dalam kasus apa,” kata Abu dilansir dari CNNIndonesia, Selasa (7/6).

Abu menilai penangkapan Baraja kurang tepat jika dikaitkan dengan polemik konvoi motor dukungan terhadap khilafah di sejumlah wilayah di Jawa beberapa waktu lalu.

Dia menilai seharusnya Baraja tak dikaitkan dengan acara konvoi motor terkait khilafah. Abu menyatakan konvoi itu bukan berasal dari instruksi pusat atau Baraja, melainkan hanya kesepakatan pengurus Khilafatul Muslimin di Jawa. (BH)