Ratusan Karyawan D’Mall Terancam PHK

D'MALL
D'MALL Kota Depok Jalan Raya Margonda. FOTO: IST
D'MALL
D’MALL Kota Depok Jalan Raya Margonda. FOTO: IST

 

INFOMASE, Depok: Ratusan karyawan D’Mall Kota Depok bingung karena belum ada kejelasan mengenai pesangon pemutusan hubungan kerja (PHK) mereka dari Manajemen. Hal ini menimbulkan kekawatiran bagi segenap karyawan D’Mall, salah satunya Musfiadi.

“Ya kita kawatir pak, makanya kemaren kita bicara sama teman-teman gimana ini ya. Ntar tau tau kabur orangnya gimana, kan banyak juga yang begitu,” ujar Musfiadi di Depok, Kamis (2/6/2022).

Apalagi, rencana PHK karyawan D’Mall ini, sudah mereka dengar sejak Maret 2022. Namun hingga kini, belum ada satupun karyawan yang dipanggil Manajemen D’Mall mengenai kepastian status mereka.

“Kita masih ngambang. Awalnya infonya akan ada panggilan dari Manajemen D’Mall tapi sampai Juni ini belum ada karyawan yang dipanggil. Teman-teman sih minta 2 PMTK pesangonnya, kalau di PHK,” kata Musfiadi.

Namun demikian, lanjut Musfiadi, dirinya bersama 139 karyawan D’Mall lainnya yang terdampak masih bekerja seperti biasa.

“Kami sih masih bekerja seperti biasa, masih terima gaji. Cuman ya ini isu PHK ini yang bikin kita gelisah,” ujar pria yang sudah bekerja 26 tahun di D’Mall tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun, D’Mall mengalami masalah keuangan dampak dari Pandemi Covid-19. Selama 2 tahun ini, Manajemen PT Propindo Sedayu D’Mall Depok sudah mencoba bertahan namun harus mengakui kondisi krisis yang berdampak pada PHK karyawan.

Terpisah, Ketua Serikat Buruh FSPMI Kota Depok Wido Pratikno membenarkan bahwa pihaknya sudah mendengar rencana peralihan Manajemen D’Mall dari PT Propindo Sedayu D’Mall Depok kepada PT Nirwana. Sebagai serikat pekerja, Wido meminta kepada Manajemen D’Mall segera memberikan kejelasan status para keryawan tersebut.

“Kalau memang harus direkrut lagi dan kalau memang ngga mau dikasih pesangon ya harus masa kerjanya tetap berlanjut. Tapi ini juga kan ngga bisa dipaksa karyawannya, karyawan juga nolak direkrut lagi bisa,” kata Wido.

“Tapi kalau memang ngga direkrut oleh Manajemen baru ya Manajemen lama kasih lah pesangonnya,” tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Depok Muhammad Thamrin belum bisa dikonfirmasi, terkait PHK sebanyak 139 karyawan DMall tersebut. (LG)

 

Sumber: RRI