Rencana Groundbreaking Istana Presiden di IKN Masih Belum Ditentukan

Desain IKN
Desain IKN. Foto INFOMASE: ISTIMEWA
Desain IKN
Rencana groundbreaking Istana Negara di IKN Nusantara belum ditentukan. (Ist)

INFOMASE, Jakarta: Pemerintah mengakui bahwa mereka belum siap untuk melakukan proses pembangunan Istana Presiden di Ibu Kota Negara (IKN) Baru karena masih pada tahap lelang.

Padahal, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono sebelumnya sempat mengklaim bahwa di bulan ini Presiden Joko akan melakukan kunjungan ke IKN Nusantara untuk groundbreaking Istana Negara.

“Oh, belum itu (ground breaking),” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kamis (18/8).

Heru kemudian berkilah bahwa pihaknya masih berkoordinasi dengan Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono dan Kementerian PUPR terkait rencana groundbreaking Istana Negara di IKN Nusantara.

Baca Juga: Penduduk Lokal Akan Jadi Bagian Pembangunan IKN

“Sedang dicari waktu yang pas. Sedang koordinasi dengan Kepala IKN, dengan Menteri PU, itu lagi kita bahas. Kita lihat nanti, kami mungkin baru Senin atau Selasa berkoordinasi,” kilah Heru.

Istana Negara di IKN Nusantara rencananya dibangun pada tahun 2022 ini, diikuti pembangunan kantor Wakil Presiden, serta kantor-kantor kementerian dan fasilitas TNI-Polri.

Saat ini telah dimulai sejumlah pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Infrastruktur dasar yang dimaksud antara lain pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi, fasilitas pengambil air (intake) Sungai Sepaku, serta pembangunan jalan lingkar Sepaku dan pelebaran jalan poros Petung-Sepaku. (Putra)