Sistem PPDB SMAN 12 Kota Depok Macet, Sekolah Sediakan Operator Pendaftaran

Sejumlah orangtua calon siswa antri pelayanan pendaftaran PPDB Tahap 2 melalui operator SMAN 12 Kota Depok, Kamis (24/6). Mereka meminta bantuan operator sekolah karena terkendala saat daftar online dari rumah. Foto INFOMASE: Lingga
Sejumlah orangtua calon siswa antri pelayanan pendaftaran PPDB Tahap 2 melalui operator SMAN 12 Kota Depok, Kamis (24/6). Mereka meminta bantuan operator sekolah karena terkendala saat daftar online dari rumah. Foto INFOMASE: Lingga

 

INFOMASE, Depok: Sejumlah orangtua calon siswa memadati halaman parkir dan pintu masuk SMAN 12 Kota Depok, Kamis (23/6/2022). Mereka ramai mendatangi sekolah lantaran tidak mengerti cara daftar PPDB online.

Membawa berkas dalam sebuah map, Wati salah satu orangtua calon siswa, tampak kebingungan ketika petugas keamanan SMAN 12 Kota Depok, menyampaikan bahwa pendaftaran PPDB 100 persen masih online.

“Ngga ngerti pak saya daftar PPDB secara online, ngga paham. Gimana donk ini,” ucap Wati kepada petugas keamanan sekolah dilokasi.

Seperti diketahui, PPDB tahap 2 SMAN se Kota Depok di mulai hari ini 23 Juni 2022 sampai 30 Juni 2022.

Dahlan petugas keamanan sekolah menyarankan, agar Wati mengajak anaknya ke sekolah atau meminta bantuan daftar PPDB kepada operator sekolah SMP asal anak yang bersangkutan.

“Disini ngga terima daftar manual bu. Kalau pun mau dibantu daftarkan PPDB, ibu harus membawa info login dan berkas pendaftaran dalam format PDF,” ujar Dahlan kepada Wati.

Setelah mendapat penjelasan dari Dahlan, Wati pun bersama beberapa orangtua calon siswa lainnya, memutuskan pergi ke SMP asal anaknya.

Berbeda dengan Wati, Samidi tampak lebih siap ketika datang ke SMAN 12 Kota Depok.

Lengkap dengan info login dan berkas pendaftaran dengan format PDF, Samidi berhasil mendaftarkan anaknya secara online di SMAN 12 Kota Depok melalui bantuan operator PPDB sekolah.

“Kita pokoknya bawa berkas pendaftaran yang sudah di scan dalam bentuk PDF dan info login anak. Udah tadi, saya udah berhasil mendaftarkan anak saya dibantu operator sekolah,” kata Samidi.

Operator PPDB SMAN 12 Kota Depok bantu pendaftaran bagi orangtua calon siswa yang alami kesulitan daftar online dari rumah, Kamis (23/6).

Masih dilokasi yang sama, Wakil Kepala Sekolah SMAN 12 Kota Depok Sutrisno menuturkan bahwa sebenarnya pihaknya tidak ada kewajiban mendaftar PPDB di sekolah. Pihaknya menyediakan operator PPDB di sekolah untuk membantu orangtua yang kesulitan mendaftar secara online dari rumah.

“Untuk hari ini pendaftaran PPDB tahap 2 itu belum lancar ya. Terbukti jumlah pendaftar SMAN 12 yang berhasil masuk hingga siang ini baru ada 101 pendaftar,” kata Sutrisno.

Jika ingin dibantu mendaftar oleh operator sekolah, Sutrino meminta kepada para orangtua calon siswa untuk mempersiapkan info login dan soft copy dalam bentuk PDF yaitu KK, KTP kedua orangtua, Surat Pertanggungjawaban Mutlak.

“Tapi kalau memang mampu silahkan daftar sendiri dari rumah. Karena kalau daftar di sekolah cuma sampai pukul 14.00 WIB, kalau dari rumah bisa daftar hingga pukul 20.00 WIB,” tutup Sutrisno. (LG)