
INFOMASE, Depok: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menerapkan strategi 3G yakni Gercep, Geber, dan Gaspol sebagai inovasi adaptasi dan kolaborasi dalam mendukung ekosistem sektor UMKM dan pariwisata daerah pascapandemi.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan, strategi tersebut dilakukan dalam menghadapi peluang dan tantangan yang ada untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi, terciptanya lapangan kerja, dan terbukanya peluang usaha.
“Kampus menjadi salah satu unsur pentaheliks untuk mendukung ekosistem sektor UMKM dan pariwisata daerah pascapandemi. Saya juga mengajak kita semua untuk mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional yang tepat waktu, tepat manfaat, dan tepat sasaran,” papar Sandiaga dalam kegiatan webinar berjudul “Inovasi Digitalisasi Ekosistem Sektor UMKM dan Pariwisata Daerah Pasca Pandemi di Indonesia” yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia (UI), Kamis (7/7).
Pada webinar yang diinisiasi oleh Direktorat Kerja Sama UI tersebut, hadir juga Menteri Komunikasi dan Informatika RI Johny G. Plate yang memberikan pandangan terkait pembangunan negara di sektor digital, sektor UMKM, dan pariwisata. Johny mengatakan sektor UMKM dan pariwisata harus mampu beradaptasi secepatnya dengan perubahan yang terjadi dalam dunia bisnis.
“Digital strategy alignment, sebuah proses dinamis berkelanjutan dan perlu perubahan yang menempatkan pemanfaatan teknologi digital dalam pengembangan bisnis, diperlukan oleh UMKM untuk dapat beradaptasi dalam berbagai fenomena dan perubahan di dunia bisnis. Proses ini terdiri dari lima fase utama, yaitu passive acceptance, connection, immersion, fusion, dan transformation,” papar Johny dalam kegiatan webinar.
Lebih lanjut Johny mengatakan, Pemerintah mendorong sektor UMKM dan pariwisata agar mengoptimalkan digitalisasi dalam bisnis untuk mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi dan saat ini dalam perubahan geostrategis.
“Pemerintah telah menggulirkan berbagai paket kebijakan dan stimulus, diantaranya Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, Bangga Berwisata di Indonesia, Asia Afirmasi Membeli Produk Dalam Negeri, Pengembangan Lima Daerah Pariwisata Super Prioritas, dan berbagai stimulus pemulihan ekonomi nasional untuk sektor UMKM dan pariwisata,” tutur Johny G Plate.
Secara khusus, Johny mengungkapkan bahwa Kemkominfo juga tengah mempercepat digitalisasi sektor UMKM dan pariwisata. Sebagai fondasi Kemkominfo melakukan percepatan pembangunan infrastruktur digital, diantaranya lebih dari 459.111KM jaringan fiber optik nasional di darat dan di laut untuk keperluan layanan broadband telekomunikasi.
Termasuk jaringan kabel serat optik Palapa Ring sepanjangan 12.400KM yang telah dibangun melalui program public private partnership Kemkominfo.
Sementara itu, Rektor UI Prof Ari Kuncoro, mengatakan, kegiatan webinar ini merupakan rangkaian dari kegiatan webinar series UI dengan mitra-mitra industri yang diprakarsai oleh Direktorat Kerja Sama sebagai upaya UI dalam mewujudkan konsep kerja sama pentaheliks yang terdiri dari akademisi, pemerintah, industri, media massa, dan juga masyarakat.
Berkaitan dengan pengembangan ekonomi, pembangunan daerah, dan sektor UMKM, Prof. Ari menyampaikan bahwa UI memiliki unit kerja khusus pelayanan dan pengabdian masyarakat di bawah rumpun ilmu sosial humaniora, serta peneliti-peneliti yang terlibat dalam penyusunan kebijakan publik. Selain itu, pengembangan inovasi dalam membangun ekosistem digitalisasi UMKM juga sudah dikembangkan oleh periset-periset UI.
Menurut Prof Ari, webinar ini terselenggara untuk mendiskusikan kebijakan strategi digitalisasi ekosistem sektor UMKM dan Pariwisata oleh pemerintah pusat dan contoh kasus implementasinya oleh para kepala daerah. Dikatakan Ari, webinar ini dihadiri oleh lebih dari 500 peserta yang tidak hanya dihadiri oleh sivitas akademika, namun diikuti oleh para pengambil kebijakan serta ASN di Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, pelaku UMKM, juga media massa. (BH)