Suka Mandi Malam? Kamu Wajib Baca Ini

Ilustrasi Mandi Malam. (Pexels)
Ilustrasi Mandi Malam. (Pexels)

INFOMASE, JAKARTA – Banyak mitos yang beredar, mandi malam bisa memicu penyakit seperti paru-paru basah dan pneumonia. Benarkah itu?

Paru-paru basah bisa disebabkan oleh inflamasi atau peradangan akibat bakteri, virus, maupun jamur yang masuk pada saluran pernapasan ke bagian kantung udara atau alveolus.

Jika dibiarkan, peradangan paru-paru menimbulkan penyakit kompilasi seperti jantung, penyumbatan pembuluh darah, dan sebagainya.

Lantas apakah mandi waktu malam juga termasuk pemicu penyakit paru-paru basah?

Baca Juga: Badut Jual Balon Bernuansa Merah Putih Sambut HUT RI

Mengutip dari YouTube Dokter 24 Jam, Dokter Silvia menyebut belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan mandi di waktu malam dapat memicu terjadinya paru-paru basah atau pneumonia.

Dokter Silvia mengatakan, walaupun udara malam cenderung lebih dingin, hal itu tidak bisa menjadi bukti kuat yang membuat paru-paru mengalami inflamasi.

Meski tidak bisa dielakkan, udara malam dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi atau peradangan paru-paru.

Justru aktivitas tersebut berguna untuk para penderita insomnia karena bisa membuat otot-otot tubuh menjadi rileks dan kualitas tidur meningkat.

Baca Juga: Breaking News: Titik Nurhayati Ditahan di Rutan Wanita Sukamiskin

Dengan demikian, belum ada satu pun penelitian dan pernyataan yang dapat membuktikan mandi malam hari dapat menyebabkan paru-paru basah. (Putri)