Tips Agar Bantal Kursi Berbahan Kain Flanel Awet

Dalam mencuci bantal kursi bahan flanel sebaiknya menggunakan tangan dan jangan disikat terlalu keras. (Foto : Nia)
Dalam mencuci bantal kursi bahan flanel sebaiknya menggunakan tangan dan jangan disikat terlalu keras. (Foto : Nia)

INFOMASE, Jakarta : Saat ini banyak bantal kursi atau bantal dekorasi terbuat dari bahan kain flanel. Bahan kain flanel sering digunakan para produsen bantal karena jenis bahan kain ini mudah dibentuk menjadi model seperti yang diinginkan.

Salah satu contoh Bantal kursi berbahan flanel yang sedang trend saat ini adalah bantal kursi dengan hiasan kelopak bunga mawar di bagian atas bantalnya. Setiap kelopak bunganya terbuat dari kain flanel yang dijahit. Dan ini membuat bantal kursi tersebut menjadi lebih awet dibandingkan dengan yang dilem.

Dalam perawatannya, bantal kursi berbahan kain flanel memerlukan perawatan khusus agar tetap awet cantiknya.

Jika ternyata, bantal kesayangan Anda kotor atau sudah mulai berbulu. Ada beberapa tips sederhana dalam merawat bantal dari kain flanel agar koleksi bantal Anda bisa lebih awet. Berikut tipsnya :

1. Jika kain sudah agak berbulu, guntinglah bagian yang berbulu secara hati-hati dan sedikit demi sedikit agar kain tidak berlubang.

2. Bantal dibersihkan secara berkala agar tidak berdebu dengan dikibas-kibaskan atau bisa juga dibersihkan dengan penyedot debu.

3. Jika terdapat noda di bantal berbahan kain flanel, cobalah beri sedikit shampo atau sabun pada noda dan rendamlah sebentar di air hangat.

4. Ada baiknya mencuci kain dengan tangan dan hindari memakai produk pemutih karena akan membuat warna kain memudar.

5. Jangan menyikat dengan sikat kasar, sikatlah dengan bulu sikat yang lembut atau spons pencuci piring agar tekstur dari serat kain flanel tidak berbulu dan kusut.

6. Keringkan bantal flanel yang terlalu basah dengan cara menekan-nekannya dengan handuk atau kain kering. Jangan diperas karena dapat membuat kain menjadi melar.

7. Bantal flanel akan cepat mengering tanpa harus menjemurnya dibawah sinar matahari.

8. Anda juga bisa menyetrika kain flanel dengan suhu sedang atau bisa di alasi dengan kain tipis terlebih dahulu sebelum menyetrika. (Nia)